REKOMENDASI EDS
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
I
|
STANDAR
ISI
|
|||||
1.
|
1.1. Kurikulum
Sudah sesuai dan Relevan
1.1.1
Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan
panduan yang disusun BSNP.
|
2
|
1. Kurikulum Sekolah perlu dikembangkan setiap
tahun
2. Kurikulum Sekolah perlu disosialisasikan kepada stakeholder
|
|||
2.
|
1.1.2 Kurikulum dibuat dengan
mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi
budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
|
3
|
1.
Sekolah perlu mengembangkan
kurikulum yang dapat menampung semua kebutuhan peserta didik
2.
Sekolah perlu workshop
Pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam 8 mata pelajaran
|
|||
3
|
1.1.3.
Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial,
dan pengayaan bagi siswa.
|
2
|
1. Sekolah perlu memfasilitasi 25% guru melaksanakan remedial dan
pengayaan
2. Sekolah perlu memfasilitasi 10% guru melaporkan hasil penilaian
kepada orang tua peserta didik
|
4
|
1.2.
Sekolah Menyediakan kebutuhan
Pengembangan pribadi Peserta Didik
1.2.1.
Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik.
|
3
|
Sekolah perlu memberikan layanan
bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan
pribadi peserta didik
|
|||
5
|
1.2.2.
Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan
pengembangan pribadi peserta didik.
|
3
|
Sekolah kami akan meningkatkan
kegiatan ekstra kurikuler baik kepramukaan maupun olah raga dan akan
meningkatkan kemampuan guru pembina melalui Kursus Mahir Dasar (KMD)
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
13
|
20
|
||||
PROSENTASE
KETERCAPAIAN
|
13/20 X 100 % = 65
%
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3 / Baik
Memenuhi SNP ,
tetapi sekolah masih perlu meningkatkan kinerja dengan harapan tahun yang
akan datang dengan perbaikan dan kerja keras dapat mencapai tahap 4
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
II
|
STANDAR
PROSES
|
|||||
1
|
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar
2.1.1. Silabus
dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL),
dan panduan KTSP.
|
3
|
Silabus perlu
dikembangkan oleh guru baik secara individu maupun melalui KKG, nilai-nilai
pendikar perlu dikembangkan
|
|||
2
|
2.1.2.
Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.
|
2
|
1.
Sekolah mendorong agar
kegiatan KKG bisa maksimal.
2.
Sekolah memotivasi agar guru
lebih mandiri dalam pengembanagn
silabus
|
|||
3
|
2.2.
RPP dirancang untuk mencapai
pembelajaran efektif dan sesuai dengan
kebutuhan peserta didik
2.2.1.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun
berdasarkan pada prinsip-prinsip
perencanaan pembelajaran.
|
3
|
Sekolah
mengundang nara sumber untuk melatih guru dalam pembuatan RPP. Mendorong guru berusaha menyusun RPP sesuai dengan
prinsip-prinsip penyusunan
|
|||
4
|
2.2.2.
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi
belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan
khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
|
3
|
Tahun depan
sekolah mengadakan pelatihan pembuatan RPP yang memperhatikan perbedaan
gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar,
potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus,
kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan
peserta didik serta direview oleh para ahli.
|
|||
5
|
2.3.
Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
2.3.1. Siswa dapat mengakses buku panduan, buku
pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran
dengan mudah.
|
2
|
Tahun depan
sekolah kami akan menyediakan jaringan internet yang permanen untuk memudahkan mengakses buku sekolah
elektronik
|
|||
6
|
2.3.2.
Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain
buku pelajaran secara tepat dalam
pembelajaran untuk membantu dan
memotivasi peserta didik.
|
2
|
Kepala sekolah
dan pengawas memotivasi guru agar menggunakan berbagai jenis sumber dan media
pembelajaran di sekolah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar
sekolah dengan melibatkan siswa.
|
|||
7
|
2.4.
Pembelajaran
dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik
2.4.1.
Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran
yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, dan menantang
mencakup kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup.
|
2
|
Sekolah dan
guru merancang RPP secara rinci.
|
|||
8
|
2.4.2. Para peserta didik memperoleh kesempatan
yang sama untuk melakukan ekplorasi
dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi
.
|
2
|
Sekolah dan
pengawas mengadakan pembinaan pelatihan kepada guru agar dalam PBM para peserta
didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.
|
9
|
2.5.
Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan
berkelanjutan
2.5.1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran
dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian hasil pembelajaran
.
|
3
|
Tahun depan
sekolah kami akan konsisten melaksanakan
program tindaklanjut untuk semua proses pembelajaran
|
|||
10
|
2.5.2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran
dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
|
2
|
Sekolah dan
pengawas dalam Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran harus dilakukan
secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas serta ditindaklanjuti
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
24
|
40
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
24/40 X 100 =
60 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3 / Baik
Memenuhi SNP,
masih perlu peningkatan kinerja , pengembangan, pelatihan dan melengkapi
kekurangan/kelemahan yang ada.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
III
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
|||||
1
|
3.1.
Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang
lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.
|
3
|
Sekolah,
pengawas dan guru harus memperlihatkan kemajuan peserta didik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam
SKL, terutama pada mata pelajaran Matematika dan IPA
|
|||
2
|
3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai
pembelajar yang mandiri.
|
3
|
Sekolah kami perlu meningkatkan kemampuan siswa
dalam memperoleh
pengalaman belajar melalui program pembiasaan
|
|||
3
|
3.1.3.
Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa
percaya diri yang tinggi.
|
3
|
Sekolah kami
memprogramkan pemanfaatan lingkungan sebagai sarana belajar utnuk
menumbuhkembangkan kepercayaan diri serta mampu
mengungkapkan pendapat dengan jelas dan santun
|
|||
4
|
3.2.
Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota
masyarakat
3.2.1. Sekolah mengembangkan
kepribadian peserta didik.
|
3
|
Sekolah kami
harus menerapkan disiplin sekolah dan kelas lebih baik lagi,
serta menanamkam nilai-nilai pendikar sesuai dengan silabus
|
|||
5
|
3.2.2. Sekolah mengembangkan
keterampilan hidup.
|
2
|
Sekolah kami
pada tahun yang akan datang akan menyediakan program pembelajaran yang
beragam untuk
mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka
secara penuh.
|
|||
6
|
3.2.3.
Sekolah mengembangkan
nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.
|
2
|
Sekolah harus
menanamkan keagamaan kepada semua siswa secara
rutin melalui bimbingan semua guru
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
16
|
24
|
||||
PROSENTASE
KETERCAPAIAN
|
16/24 X 100 % = 66,6 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3 / Baik
Meskipun memenuhi SNP namun kinerja sekolah perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh pengalaman belajar , pemanfaatan
lingkungan sebagai sarana belajar
dan menerapkan
disiplin
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
IV
|
STANDAR PTK
|
|||||
1
|
4.1. Pemenuhan jumlah pendidik dan
tenaga kependidikan sudah memadai
4.1.1. Jumlah pendidik memenuhi
standar.
|
1
|
Sekolah kami memakai tenaga guru honorer ( dengan kualifikasi
pendidikan S1 ) sebagai solusi mengatasi kekurangan tenaga guru
Berusaha mendapatkan tambahan ruang kelas
|
|||
2
|
4.1.2.
Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.
|
1
|
Sekolah kami
akan mengajukan kepada pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera
dipenuhi
|
|||
3
|
4.2. Kualifikasi pendidik dan tenaga
kependidikan sudah memadai
4.2.1. Kualifikasi pendidik
memenuhi standar
|
3
|
Sekolah kami
mengusahakan kepada
pemerintah agar pendidik dapat segera memperoleh sertifikat
|
|||
4
|
4.2.2. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi
standar
|
3
|
Sekolah kami akan meminta kepada pemerintah
agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi
|
|||
5
|
4.3.
Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.3.1. Kompetensi pendidik
memenuhi standar
|
2
|
Sekolah akan
mengajukan ke pemerintah agar sertifikat profesi segera diperoleh guru.
|
|||
6
|
4.3.2. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi
standar
|
3
|
Sekolah mengusulkan kepada
pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi.
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
13
|
24
|
||||
PROSENTASE
KETERCAPAIAN
|
13/24 X 100% = 54,16 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 2 / Cukup
Memenuhi SPM ,
masih banyak memerlukan perbaikan terutama pada kekurangan tenaga pendidik
dan kependidikan serta perolehan sertifikat pendidik.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
V
|
STANDAR SARANA / PRASARANA
|
|||||
1
|
5.1. Sarana sekolah sudah memadai
5.1.1. Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan,
persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
|
2
|
Sekolah kami
perlu membangun ruang , perpustakaan, UKS, ruang komputer dan gudang
|
|||
2
|
5.1.2.
Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan
belajar.
|
1
|
Sekolah
mensosialisasikan keberhasilan
sekolah dibidang akademik dan non akademik kepada semua lapisan masyarakat
|
|||
3
|
5.1.3.
Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan
sumber belajar termasuk buku pelajaran.
|
2
|
Sekolah kami
perlu mengusulkan pembangunan ruang perpustakaan, ruang laboratorium ,ruang komputer
|
|||
4
|
5.2. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik
5.2.1. Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara
berkala sesuai dengan persyaratan standar
|
2
|
Sekolah kami
akan berusaha memelihara bangunan secara rutin
|
|||
5
|
5.2.2.
Bangunan aman dan nyaman untuk semua
peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan
khusus
|
2
|
Sekolah kami akan melengkapi
bangunan dengan pemagaran
sekeliling.
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
9
|
20
|
||||
PROSENTASE
KETERCAPAIAN
|
9 / 20 X 100 % = 45 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap
: 1 / Kurang
Belum memenuhi SPM , sekolah mempunyai banyak kelemahan sarpras terutama
kekurangan : Ruang pinpinan & ruang guru, ruang Kelas , perpustakaan,
labolatorium IPA ,labolatorium komputer, ruang UKS dan Gudang.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
VI
|
STANDAR
PENGELOLAAN
|
|||||
1
|
6.1.
Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat
dengan visi dan misi yang jelas dan
diketahui oleh semua pihak
6.1.1.Sekolah
merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
|
3
|
1. Komite sekolah agar segera memiliki Struktur Organisasi yang
lengkap dengan tupoksi, AD ART Rencana
Kerja, Catatan Kegiatan
2.
Sekolah kami akan melibatkan tokoh
masyarakat dalam menyususn visi dan misi
|
|||
2
|
6.1.2. Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya
kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
|
1
|
Sekolah kami perlu motivasi untuk mendorong kemandirian dan kemitraan dengan
semua pemangku kepentingan
|
|||
3
|
6.2. Rencana kerja sekolah mencantumkan tujuan yang
jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang
tersosialisasikan dengan baik
6.2.1. Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan
yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.
|
2
|
Untuk tahun pelajaran
berikutnya sekolah kami sepenuhnya akan
mensosialisasikan visi dan misi serta RKS
|
|||
4
|
6.2.2. Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang
berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga
sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan.
|
2
|
Untuk tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan
mengakomodir semua masukan dari berbagai pihak
yang berkepentingan dan diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin
oleh kepala sekolah.
|
|||
5
|
6.3. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah
berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
6.3.1. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana
kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka
menengah (renstra)
|
2
|
Sekolah kami akan mengupayakan RKAS yang
mudah difahami dan diakses oleh pihak terkait
|
|||
6
|
6.3.2. Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja
sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan
hasil belajar
|
2
|
Sekolah kami akan melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah setiap tahun
|
|||
7
|
6.3.3. Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk
mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi
diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar
|
2
|
Tahun
pelajaran berikutnya sekolah kami menetapkan prioritas perbaikan/
pengembangan sekolah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan
pada peningkatan hasil belajar.
|
|||
8
|
6.4. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan
valid
6.4.1. Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan
dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
|
2
|
Tahun pelajaran berikutnya sekolah
kami akan mengelola data di sekolah
berbasis ICT yang lebih baik , yang kini hanya sebatas mempunyai web site dengan
alamat : http://sdn3cijemit.blogspot.com/ tetapi belum dimanfaatkan secara
optimal.
|
|||
9
|
6.4.2. Sekolah menyediakan sistem informasi yang
efisien, efektif, dan dapat diakses
|
1
|
Tahun
pelajaran berikutnya sekolah kami
akan menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga sekolah dengan memanfaatkan web site yang ada.
|
|||
10
|
6.5.
Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan
tenaga kependidikan
6.5.1.
Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan
pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan
|
2
|
Tahun yang akan datang sekolah kami
akan memperhatikan hasil kerja setiap pendidik
|
|||
11
|
6.5.2.
Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar
nasional
|
2
|
Tahun
pelajaran berikutnya sekolah kami akan
melaksanaan supervisi
dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik terprogram dengan baik
|
|||
12
|
6.6. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan
sekolah
6.6.1. Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan
kegiatan akademis dan nonakademis
|
3
|
Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami
akan melibat warga sekolahsecara langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis
dan non akademis
|
|||
13
|
6.6.2.
Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan
nonakademis.
|
3
|
Sekolah kami
akan mengadakan sosialisasi tentang keterlibatan masyarakat di dunia
pendidikan
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
27
|
52
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
27 / 52 X 100 % = 51,92 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
|
Tahap : 2 / Cukup
Memenuhi SPM . Sekolah mempunyai kekuatan tetapi masih banyak
Kekurangan yang memerlukan perbaikan-perbaikan.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
VII
|
STANDAR
PEMBIAYAAN
|
|||||
1
|
7.1. Sekolah merencanakan keuangan sesuai
standar
7.1.1. Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan
Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
|
3
|
Sekolah kami
mengusahakan bantuan dana dari donatur, alumni dan pihak-pihak lain yang syah dan dibenarkan
olah undang-undang.
|
|||
2
|
7.1.2. Perumusan
RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan
|
3
|
Tahunyang akan datang,
sekolah akan merumusan RAPBS/RKAS
melibatkan Komite Sekolah dan
pemangku kepentingan yang relevan.
|
|||
3
|
7.1.3. Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan
secara transparan, efisien, dan akuntabel.
|
2
|
Tahun yang akan datang
sekolah kami akan mengelola keuangan sesuai dengan RKA dan RKS
|
|||
4
|
7.1.4. Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada
Pemerintah dan pemangku kepentingan.
|
2
|
1.
Sekolah akan menggali sumber
dana lain yang syah
2.
Laporan keuangan akan
disampaikan juga kepada pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan
secara rutin dan proses yang transparan.
|
|||
5
|
7.2. Upaya
sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya
7.2.1. Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari
dana dengan inisiatifnya sendiri
|
2
|
Sekolah akan
mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana sekolah untuk mencari
sumber pembiayaan tambahan
|
|||
6
|
7.2.2. Sekolah membangun jaringan kerja dengan
Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.
|
1
|
Sekolah akan
mencoba mencari solusi untuk untuk membangun jaringan kerja dengan dunia
usaha
|
|||
7
|
7.2.3. Sekolah memelihara
hubungan dengan alumni.
|
3
|
Tahun depan
sekolah akan membuat wadah alumni serta mempunyai program yang melibatkan
alumni
|
|||
8
|
7.3. Sekolah menjamin kesetaraan akses
7.3.1. Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan
sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.
|
1
|
Sekolah kami
akan mengupayakan melayani semua siswa dari berbagai tingkatan sosial
ekonomi, melalui pengumpulan dana yang tidak mengikat
|
|||
9
|
7.3.2. Sekolah melakukan subsidi silang kepada
siswa kurang mampu di bidang ekonomi
|
2
|
||||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
19
|
36
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
19 / 36 X 100% = 52,77 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
|
Tahap : 2 / Cukup
-
Memenuhi
SPM, ada kekuatan , kekurangan perlu perbaikan- perbaikan terutama hubungan
dengan alumni dan donatur.
-
Keterlibatan
komite dalam merumuskan RAPBS,RKS,RKAS perlu di usahakan.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
VIII
|
STANDAR
PENILAIAN
|
|||||
1
|
8.1. Sistem penilaian disusun untuk menilai
peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
8.1.1. Guru menyusun perencanaan penilaian
terhadap pencapaian kompetensi peserta didik
|
3
|
Guru harus
mengembangkan instrument dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan
teknik penilaian yang dipilih
|
|||
2
|
8.1.2.
Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian
termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
|
3
|
Sekolah akan
mengadakan pelatihan tentang tehnik dan rubrik penilaian
|
|||
3
|
8.1.3.
Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah
dibuat.
|
3
|
Sekolah akan
membentuk tim penyusun naskah soal baik untuk ulangan harian maupun ulangan
semester
|
|||
4
|
8.1.4. Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan
jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
|
3
|
Tahun yang
akan datang sekolah kami akan menerapkan
berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian sesuai dengan target kompetensi
yang ingin diukur.
|
|||
5
|
8.2. Penilaian berdampak pada proses belajar
8.2.1.
Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan
pada peserta didik.
|
3
|
Guru-guru
di sekolah kami akan mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik
|
|||
6
|
8.2.2.
Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
|
3
|
Guru-guru di
sekolah kami harus menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview
rencana pembelajaran yang telah disusun.
|
|||
7
|
8.3.
Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka
8.3.1. Sekolah melaporkan hasil penilaian mata
pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester
kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.
|
3
|
Sekolah kami
perlu mendiskusikan secara lebih rinci
untuk masing-masing peserta didik secara berkala untuk
memudah program tindak lanjut
|
|||
8
|
8.3.2. Sekolah melibatkan orangtua peserta didik
dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.
|
3
|
Sekolah akan
mengundang orang tua /wali peserta didik untuk diarahkan agar
membantu dalam motivasi dan fasilitas belajar kepada putra / putrinya
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
24
|
32
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
24/32 X 100 % = 75 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3 / Baik
-
Memenuhi
SNP, kinerja sekolah masih perlu ditingkatkan dalam
mengembangkan instrument dan pedoman penilaian.
-
Perlu pelatihan tentang rubrik
penilaian, teknik, bentuk, dan jenis penilaian,
|
Cijemit, Pebruari 2012
Kepala
Sekolah
TONI
SUROSO RM,S.Pd,MM
NIP.19600311 198201 1 007
REKOMENDASI EVALUASI DIRI SEKOLAH ( EDS )
SEKOLAH DASAR NEGERI 3 CIJEMIT
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN CINIRU
DISDIKPORA KABUPATEN KUNINGAN
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar