Rabu, 29 Februari 2012

REKOMENDASI EDS


REKOMENDASI EDS



No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
I
STANDAR ISI







1.
 
1.1. Kurikulum Sudah sesuai dan Relevan
1.1.1    Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.











2





1.    Kurikulum Sekolah perlu dikembangkan setiap tahun
2.    Kurikulum Sekolah perlu disosialisasikan kepada stakeholder
2.

1.1.2    Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.






3


1.   Sekolah perlu mengembangkan kurikulum yang dapat menampung semua kebutuhan peserta didik
2.   Sekolah perlu workshop Pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam 8 mata pelajaran

3

1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.




2



1.    Sekolah perlu memfasilitasi 25% guru melaksanakan remedial dan pengayaan
2.    Sekolah perlu memfasilitasi 10% guru melaporkan hasil penilaian kepada orang tua peserta didik





4
1.2. Sekolah Menyediakan kebutuhan  Pengembangan pribadi Peserta Didik

1.2.1. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk    memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
         








3




Sekolah perlu memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik


5
 
1.2.2.   Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.





3


Sekolah kami akan meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler baik kepramukaan maupun olah raga dan akan meningkatkan kemampuan guru pembina melalui Kursus Mahir Dasar (KMD)


 PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
13
20


PROSENTASE KETERCAPAIAN
13/20  X 100 %  =  65 %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 3 / Baik
Memenuhi SNP , tetapi sekolah masih perlu meningkatkan kinerja dengan harapan tahun yang akan datang dengan perbaikan dan kerja keras dapat mencapai tahap 4

No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
II
STANDAR PROSES







1
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar

2.1.1.  Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.



3


Silabus perlu dikembangkan oleh guru baik secara individu maupun melalui KKG, nilai-nilai pendikar perlu dikembangkan
2
2.1.2.  Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau  berkelompok.


2


1.      Sekolah mendorong agar kegiatan KKG bisa maksimal.
2.      Sekolah memotivasi agar guru lebih mandiri  dalam pengembanagn silabus
3
2.2.    RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif  dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

2.2.1. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun
          berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.








3




Sekolah mengundang nara sumber untuk melatih guru dalam pembuatan RPP. Mendorong guru berusaha menyusun RPP sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan
4
2.2.2. RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal,  tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma,  nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.




3

Tahun depan sekolah mengadakan pelatihan pembuatan RPP yang memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para ahli.




5
2.3. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat

2.3.1.   Siswa dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.




2






Tahun depan sekolah kami akan menyediakan jaringan internet yang permanen untuk memudahkan mengakses buku sekolah elektronik
6
2.3.2. Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku    referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran   secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan  memotivasi peserta didik.


2


Kepala sekolah dan pengawas memotivasi guru agar menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di sekolah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar sekolah dengan melibatkan siswa.





7
2.4.       Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik

2.4.1. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
           menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan
           pendahuluan, inti, dan penutup.
          






2






Sekolah dan guru merancang RPP secara rinci.

8
2.4.2.  Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk  melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi
.


2


Sekolah dan pengawas mengadakan pembinaan pelatihan kepada guru agar dalam PBM para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.




9
2.5. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan

2.5.1.  Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan
           penilaian hasil pembelajaran
.








3




Tahun depan sekolah kami akan konsisten melaksanakan program tindaklanjut untuk semua proses pembelajaran
10
2.5.2.  Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
          


2




Sekolah dan pengawas dalam Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran harus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas serta  ditindaklanjuti


PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
24
40


PROSENTASE KETERCAPAIAN
24/40 X 100   =     60  %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 3 / Baik
Memenuhi SNP, masih perlu peningkatan kinerja , pengembangan, pelatihan dan melengkapi kekurangan/kelemahan yang ada.

 

No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
III
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)







1
3.1.  Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.




3



Sekolah, pengawas dan guru harus memperlihatkan kemajuan peserta didik  dalam mencapai target yang ditetapkan dalam SKL, terutama pada mata pelajaran Matematika dan IPA

2
3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.



3

Sekolah kami perlu meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan

3
3.1.3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa
           percaya diri yang tinggi.


3

Sekolah kami memprogramkan pemanfaatan lingkungan sebagai sarana belajar utnuk menumbuhkembangkan kepercayaan diri serta mampu mengungkapkan pendapat dengan jelas dan santun

4
3.2.  Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat
3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.


3


Sekolah kami harus menerapkan  disiplin sekolah dan kelas lebih baik lagi, serta menanamkam nilai-nilai pendikar sesuai dengan silabus
5
3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.


2


Sekolah kami pada tahun yang akan datang akan menyediakan program pembelajaran yang beragam untuk mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka secara penuh.

6
3.2.3.   Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.

2


Sekolah harus menanamkan keagamaan kepada semua siswa secara rutin melalui bimbingan semua guru


 PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
16
24


PROSENTASE KETERCAPAIAN
16/24 X 100 %  =  66,6 %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 3 / Baik
Meskipun memenuhi SNP namun kinerja sekolah perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh pengalaman belajar , pemanfaatan lingkungan sebagai sarana belajar dan menerapkan  disiplin




No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
IV
STANDAR PTK







1
4.1.    Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.1.1. Jumlah pendidik memenuhi standar.



1





Sekolah kami memakai tenaga guru honorer ( dengan kualifikasi pendidikan S1 ) sebagai solusi mengatasi kekurangan tenaga guru
Berusaha mendapatkan tambahan ruang kelas

2
4.1.2. Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.
1



Sekolah kami akan mengajukan kepada pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi

3
4.2.   Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.2.1. Kualifikasi pendidik memenuhi standar



3



Sekolah kami mengusahakan kepada pemerintah agar  pendidik dapat segera memperoleh sertifikat

4
4.2.2. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar



3

Sekolah kami akan meminta kepada pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi

5
4.3.  Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.3.1. Kompetensi pendidik memenuhi standar





2




Sekolah akan mengajukan ke pemerintah agar sertifikat profesi segera diperoleh guru.


6
4.3.2. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar



 3

Sekolah mengusulkan kepada pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi.


 PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
13
24


PROSENTASE KETERCAPAIAN
13/24 X 100% = 54,16 %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 2 / Cukup
Memenuhi SPM , masih banyak memerlukan perbaikan terutama pada kekurangan tenaga pendidik dan kependidikan serta perolehan sertifikat pendidik.



No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
V
STANDAR SARANA / PRASARANA





1
5.1.    Sarana sekolah sudah memadai
5.1.1.  Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran  ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

2



Sekolah kami perlu membangun ruang , perpustakaan, UKS, ruang komputer dan gudang
2
5.1.2. Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.
1



Sekolah mensosialisasikan keberhasilan sekolah dibidang akademik dan non akademik kepada semua lapisan masyarakat
3
5.1.3. Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat  dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.

2


Sekolah kami perlu mengusulkan pembangunan ruang perpustakaan, ruang laboratorium ,ruang komputer
4
5.2.   Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik
5.2.1.  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar

2



Sekolah kami akan berusaha  memelihara bangunan secara rutin
5
5.2.2.   Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus

2


Sekolah kami akan melengkapi bangunan dengan pemagaran sekeliling.


 PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
9
20


PROSENTASE KETERCAPAIAN
9 / 20 X 100 %  = 45 %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 1 / Kurang
Belum memenuhi SPM , sekolah mempunyai banyak kelemahan sarpras terutama kekurangan : Ruang pinpinan & ruang guru, ruang Kelas , perpustakaan, labolatorium IPA ,labolatorium  komputer, ruang UKS dan Gudang.



No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
VI
STANDAR PENGELOLAAN





1
6.1. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan
       diketahui oleh semua pihak

6.1.1.Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan  kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.








3






1.    Komite sekolah agar segera memiliki Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD  ART Rencana Kerja, Catatan Kegiatan
2.    Sekolah kami akan melibatkan tokoh masyarakat dalam menyususn visi dan misi

2
6.1.2. Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
1



Sekolah kami perlu motivasi untuk mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan

3
6.2. Rencana kerja sekolah mencantumkan tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasikan dengan baik

6.2.1. Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.






2






Untuk tahun pelajaran berikutnya sekolah kami sepenuhnya akan mensosialisasikan visi dan misi serta RKS

4
6.2.2. Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan.

2


Untuk tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan mengakomodir semua masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah.

5
6.3. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar

6.3.1. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)





2





Sekolah kami akan mengupayakan RKAS yang mudah difahami dan diakses oleh pihak terkait
6
6.3.2. Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar


2


Sekolah kami akan melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah setiap tahun

7
6.3.3. Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar


2


Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan sekolah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.

8
6.4. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid
6.4.1. Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan



2




Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan mengelola  data di sekolah berbasis ICT yang lebih baik , yang kini  hanya sebatas mempunyai web site dengan alamat : http://sdn3cijemit.blogspot.com/ tetapi belum dimanfaatkan secara optimal.


9
6.4.2. Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses
1



Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga sekolah dengan memanfaatkan web site yang ada.
10
6.5. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan
6.5.1. Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan



2




Tahun yang akan datang sekolah kami akan memperhatikan hasil kerja setiap pendidik
11
6.5.2. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional

2


Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan melaksanaan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik terprogram dengan baik
12
6.6. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah
6.6.1. Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis




3



Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan melibat warga sekolahsecara langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis
13
6.6.2. Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.


3

Sekolah kami akan mengadakan sosialisasi tentang keterlibatan masyarakat di dunia pendidikan

PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
27
52


PROSENTASE KETERCAPAIAN
27 / 52 X 100 %  =  51,92 %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 2 / Cukup
Memenuhi SPM . Sekolah mempunyai kekuatan tetapi masih banyak
Kekurangan yang memerlukan perbaikan-perbaikan.

No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
VII
STANDAR PEMBIAYAAN





1
7.1.  Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar
7.1.1.    Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota




3


Sekolah kami mengusahakan bantuan dana dari donatur, alumni dan pihak-pihak lain yang syah dan dibenarkan olah undang-undang.

2
7.1.2.    Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan



3

Tahunyang akan datang, sekolah akan merumusan RAPBS/RKAS melibatkan Komite Sekolah dan  pemangku kepentingan yang relevan.

3
7.1.3.    Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.


2


Tahun yang akan datang sekolah kami akan mengelola keuangan sesuai dengan RKA dan RKS

4
7.1.4.    Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

2


1.     Sekolah akan menggali sumber dana lain yang syah
2.     Laporan keuangan akan disampaikan juga kepada pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.

5
7.2.  Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

7.2.1.     Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri




2





Sekolah akan mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana sekolah untuk mencari sumber pembiayaan tambahan


6
7.2.2.     Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.

1



Sekolah akan mencoba mencari solusi untuk untuk membangun jaringan kerja dengan dunia usaha

7
7.2.3.   Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.


3

Tahun depan sekolah akan membuat wadah alumni serta mempunyai program yang melibatkan alumni

8
7.3.  Sekolah menjamin kesetaraan akses

7.3.1.   Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.




1





Sekolah kami akan mengupayakan melayani semua siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi, melalui pengumpulan dana yang tidak mengikat

9
7.3.2.   Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi


2




PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
19
36


PROSENTASE KETERCAPAIAN
19 / 36 X 100%  = 52,77 %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 2 / Cukup
-          Memenuhi SPM, ada kekuatan , kekurangan perlu perbaikan- perbaikan terutama hubungan dengan alumni dan donatur.
-          Keterlibatan komite dalam merumuskan RAPBS,RKS,RKAS perlu di usahakan.


No
Standar
Tahapan
Pengembangan
REKOMENDASI
1
2
3
4
VIII
STANDAR PENILAIAN





1
8.1.  Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
8.1.1. Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik




3



Guru harus mengembangkan instrument dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian yang dipilih

2
8.1.2. Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).



3

Sekolah akan mengadakan pelatihan tentang tehnik dan rubrik penilaian
3
8.1.3. Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.



3

Sekolah akan membentuk tim penyusun naskah soal baik untuk ulangan harian maupun ulangan semester

4
8.1.4.   Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.


3

Tahun yang akan datang sekolah kami akan menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian sesuai dengan target kompetensi yang ingin diukur.

5
8.2.  Penilaian berdampak pada proses belajar
8.2.1. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.




3


Guru-guru di sekolah kami akan mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik

6
8.2.2. Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.


3

Guru-guru di sekolah kami harus menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview rencana pembelajaran yang telah disusun.

7
8.3.  Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka
8.3.1. Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.





3




Sekolah kami perlu mendiskusikan secara lebih rinci untuk masing-masing peserta didik secara berkala untuk memudah program tindak lanjut
8
8.3.2. Sekolah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.


3

Sekolah akan mengundang orang tua /wali peserta didik untuk diarahkan agar membantu dalam motivasi dan fasilitas belajar kepada putra / putrinya

PEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
24
32


PROSENTASE KETERCAPAIAN
24/32 X 100 %  =  75 %

KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
Tahap : 3 / Baik
-          Memenuhi SNP, kinerja sekolah masih perlu ditingkatkan dalam mengembangkan instrument dan pedoman penilaian.
-          Perlu pelatihan tentang rubrik penilaian, teknik, bentuk, dan jenis penilaian,



                                                                                                                                                            Cijemit,      Pebruari 2012
                                                                                                                                                            Kepala Sekolah



                                                                                                                                                            TONI SUROSO RM,S.Pd,MM
                                                                                                                                                            NIP.19600311 198201 1 007






REKOMENDASI EVALUASI DIRI SEKOLAH ( EDS )




SEKOLAH DASAR NEGERI 3 CIJEMIT



UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN CINIRU
DISDIKPORA KABUPATEN KUNINGAN






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar