KAJIAN
PENGAJARAN
Kajian
pengajaran adalah kegiatan mencermati proses atau kegiatan belajar mengajar
untuk menganalisis aspek-aspek kurikulum, penguatan materi ajar, dan praktik
pembelajaran. Kajian pengajaran diharapkan membuka cakrawala guru terhadap
proses belajar mengajar secara otentik dan dapat menganalisis suatu proses
belajar mengajar secara kritis.
Pada
tahap ini guru mengobservasi proses belajar mengajar dari 3 aspek, yaitu
kurikulum (curriculum), materi ajar (subject matter), dan praktik mengajar (teaching practice).
a.
Kurikulum: Apakah guru
sudah memahami KTSP? Apakah guru sudah mengerti maksud Standar Kompetensi (SK)
dan Kompetensi Dasar (KD) Apakah guru sudah
membuat silabus? Apakah guru sudah membuat RPP dengan benar? Apakah sudah
membuat LKS? Sudah menyusun instrumen penilaian atau evaluasi? dst.
b.
Materi ajar: Adakah
kesalahan konsep yang disampaikan guru dalam topik tersebut? Apakah materi ajar
disajikan secara urut ? Apakah materi ajar dapat dipahami dengan mudah
oleh siswa? Apakah materi ajar cukup menarik perhatian siswa? dst.
c.
Praktik mengajar: Apakah guru telah menggunakan pendekatan, metode atau strategi
pembelajaran yang sesuai untuk tingkat kemampuan berpikir siswa dan karakter
materi ajar? Apakah guru sudah menerapkan PAKEM? Bagaimana pemanfaatan media
belajar oleh guru? Apakah siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar?
Apakah ada siswa yang tertinggal dalam proses belajar mengajar? Apakah guru
sudah mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan
tepat? Dst.
Hasil
observasi kemudian dituliskan oleh guru dalam bentuk case study secara rinci. Laporan observasi tersebut dianalisis oleh
guru sampai pada akhirnya guru dapat menyimpulkan masalah-masalah yang muncul
dalam proses belajar mengajar. Masalah-masalah itu perlu diseleksi dan
diidentifikasi sebagai fokus dari langkah selanjutnya, yaitu penelitian
tindakan kelas.
Format Klasifikasi Masalah
Pembelajaran dalam Tiga Aspek
No
|
Masalah pembelajaran yang teridentifikasi
|
Termasuk Aspek
|
Keterangan
|
||
Kurikulum
|
Materi ajar
|
Praktik Pengajaran
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar