Menurut Hadari Nawawi
(1992; 82-83) mengemukakan tentang fungsi kepemimpinan, yaitu : Mengembangkan
dan menyalurkan kebebasan berfikir dan mengeluarkan pendapat, baik secara
perseorangan maupun kelompok sebagai usaha mengumpulkan data/bahan dari anggota
kelompok dalam menetapkan keputusan
(decision making) yang mampu memahami di dalam kelompoknya. Dengan demikian
keputusan akan dipandang sebagai sesuatu yang patut atau tepat dilaksanakan
oleh setiapanggota kelompok dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
Mengembangkan
suatu kerjasam yang efektif dengan memberikan penghargaan dan pengakuan
terhadap kemampuan orang-orang yang dipimpin sehingga timbul kepercayaan pada
dirinya sendiri dan kesediaan menghargai orang lain sesuai dengan kemampuan
masing-masing sehingga mampu memainkan peranan yang tepat dalam ikut serta memberikan sumbangan terhadap usaha
pencapaian tujuan, baik secara perseorangan maupun melalui proses kerja sama.
Mengusahakan
dan mendorong terjadinya pertemuan mendapat/buat pikiran dengan sikap harga
menghargai sehingga timbul perasaan ikut terlibat di dalam kegiatan
kelompok/organisasi dan tumbuh perasaan bertanggungjawab atas terwujudnya
pekerjaan masing-masing sebagai bagian dari usaha pencapaian tujuan.
Membantu menyelesaikan masalah-masalah,
baik secara perseorangan maupun kelompok dengan memberikan petunjuk-petunjuk
dan mengatasinya sehingga berkembang ketersediaan untuk memecahkannya dengan
kemampuan sendiri. Termasuk juga dalam hal ini adalah mendorong kemampuan
anggota kelompok untuk mengatasi masalah peningkatan kesejahteraan dalam rangka
menciptakan moral kerja yang tinggi.
Tim dosen MKDK Pengelolaan
Pendidikan ’Akdon’ (1994: 102-103) mengemukakan tentang fungsi kepemimpinan
pendidikan yaitu :
Fungsi utama pemimpin pendidikan adalah kelompok
untuk belajar memutuskan dan bekerja, antara lain:
-
Pemimpin membantu terciptanya
suasana persaudaraan, kerjasama, dengan penuh rasa kebebasan.
-
Pemimpin membantu kelompok untuk
mengorganisasikan diri yaitu ikut serta dalam memberikan rangsangan dan bantuan
kepada kelompok dalam menetapkan dan menjalankan tujuan.
- Pemimpin membantu kelompok dalam menetapkan prosedur kerja, yaitu
membantu kelompok dalam menganalisa situasi untuk kemudian menetapkan prosedur
mana yang paling praktis dan efektif.
-
Pemimpin bertanggungjawab dalam
mengambil keputusan bersama dengan kelompok. Pemimpin memberi kesempatan kepada
kelompok untuk belajar dari pengalaman. Pemimpin mempunyai tanggung jawab untuk
melatih kelompok menyadari proses dan isi pekerjaan dilakukan dan berani
menilai hasilnya secara jujur dan objektif.
-
Pemimpin bertanggung jawab dalam
mengembangkan dan mempertahankan eksistensi organisasi
Dari pendapat-pendapat di atas
maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya fungsi kepemimpinan dalam organisasi
yaitu mengkondisikan suatu upaya untuk menggerakan dan mengkordinasikan sumber
daya organisasi untuk terlibat langsung dalam proses pelaksanaan sehingga mampu
mewujudkan tujuan organisasi yang ditetapkan secara efektif dan efisien.
- Kualitas Kepemimpinan Pendidikan
Kualitas
kepemimpinan akan sangat mempengaruhi terhadap kelancaran penyelenggaraan
program-program kependidikan. Maka kualitas kepemimpinan harus menjadi suatu
perhatian yang penting untuk dimiliki oleh para pemimpin pendidikan . Kualitas
kepemimpinan pendidikan dapat dilihat dari dua sisi yaitu syarat dan
keterampilan kepemimpinan pendidikan.
Referensinya tolong dipostkan juga.
BalasHapusCan You Make Money in Online Sports Betting? - Work Tomake
BalasHapusCan you หาเงินออนไลน์ make money with online betting? But what if I bet you lose? The odds at the sportsbook are 1.6 for a sports bettor to win a $1,000.