Senin, 06 Agustus 2012

FUNGSI KEPEMIMPINAN

Menurut Hadari Nawawi (1992; 82-83) mengemukakan tentang fungsi kepemimpinan, yaitu : Mengembangkan dan menyalurkan kebebasan berfikir dan mengeluarkan pendapat, baik secara perseorangan maupun kelompok sebagai usaha mengumpulkan data/bahan dari anggota kelompok dalam menetapkan keputusan (decision making) yang mampu memahami di dalam kelompoknya. Dengan demikian keputusan akan dipandang sebagai sesuatu yang patut atau tepat dilaksanakan oleh setiapanggota kelompok dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
Mengembangkan suatu kerjasam yang efektif dengan memberikan penghargaan dan pengakuan terhadap kemampuan orang-orang yang dipimpin sehingga timbul kepercayaan pada dirinya sendiri dan kesediaan menghargai orang lain sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga mampu memainkan peranan yang tepat dalam ikut serta  memberikan sumbangan terhadap usaha pencapaian tujuan, baik secara perseorangan maupun melalui proses kerja sama.
Mengusahakan dan mendorong terjadinya pertemuan mendapat/buat pikiran dengan sikap harga menghargai sehingga timbul perasaan ikut terlibat di dalam kegiatan kelompok/organisasi dan tumbuh perasaan bertanggungjawab atas terwujudnya pekerjaan masing-masing sebagai bagian dari usaha pencapaian tujuan.
Membantu menyelesaikan masalah-masalah, baik secara perseorangan maupun kelompok dengan memberikan petunjuk-petunjuk dan mengatasinya sehingga berkembang ketersediaan untuk memecahkannya dengan kemampuan sendiri. Termasuk juga dalam hal ini adalah mendorong kemampuan anggota kelompok untuk mengatasi masalah peningkatan kesejahteraan dalam rangka menciptakan moral kerja yang tinggi.
Tim dosen MKDK Pengelolaan Pendidikan ’Akdon’ (1994: 102-103) mengemukakan tentang fungsi kepemimpinan pendidikan yaitu :
Fungsi utama pemimpin pendidikan adalah kelompok untuk belajar memutuskan dan bekerja, antara lain:
-       Pemimpin membantu terciptanya suasana persaudaraan, kerjasama, dengan penuh rasa kebebasan.
-       Pemimpin membantu kelompok untuk mengorganisasikan diri yaitu ikut serta dalam memberikan rangsangan dan bantuan kepada kelompok dalam menetapkan dan menjalankan tujuan.
-       Pemimpin membantu kelompok dalam menetapkan prosedur kerja, yaitu membantu kelompok dalam menganalisa situasi untuk kemudian menetapkan prosedur mana yang paling praktis dan efektif.
-       Pemimpin bertanggungjawab dalam mengambil keputusan bersama dengan kelompok. Pemimpin memberi kesempatan kepada kelompok untuk belajar dari pengalaman. Pemimpin mempunyai tanggung jawab untuk melatih kelompok menyadari proses dan isi pekerjaan dilakukan dan berani menilai hasilnya secara jujur dan objektif.
-       Pemimpin bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mempertahankan eksistensi organisasi
Dari pendapat-pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya fungsi kepemimpinan dalam organisasi yaitu mengkondisikan suatu upaya untuk menggerakan dan mengkordinasikan sumber daya organisasi untuk terlibat langsung dalam proses pelaksanaan sehingga mampu mewujudkan tujuan organisasi yang ditetapkan secara efektif dan efisien.
  1. Kualitas Kepemimpinan Pendidikan
Kualitas kepemimpinan akan sangat mempengaruhi terhadap kelancaran penyelenggaraan program-program kependidikan. Maka kualitas kepemimpinan harus menjadi suatu perhatian yang penting untuk dimiliki oleh para pemimpin pendidikan . Kualitas kepemimpinan pendidikan dapat dilihat dari dua sisi yaitu syarat dan keterampilan kepemimpinan pendidikan.

2 komentar:

  1. Referensinya tolong dipostkan juga.

    BalasHapus
  2. Can You Make Money in Online Sports Betting? - Work Tomake
    Can you หาเงินออนไลน์ make money with online betting? But what if I bet you lose? The odds at the sportsbook are 1.6 for a sports bettor to win a $1,000.

    BalasHapus